Wajib Baca! Agar Anda Dapat Mengetahui Waktu Sholat Tahajud Yang Paling Baik

Sebelum melaksanakan sholat dhuha, ada baiknya kita mengetahui waktu-waktu yang diharamkan melaksanakan sholat secara umum. Karena walaupun sholat dhuha hukumnya sunnah, tetapi bila dilaksanakan pada waktu yang haram bukanlah pahala yang kita dapat, malah jadi dosa.
Berikut waktu-waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat berdasarkan hadits-hadits Rasulullah SAW:
Dari Ibnu Abbas berkata: “Datanglah orang-orang yang diridhai dan ia ridha kepada mereka yaitu Umar, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang sholat sesudah Subuh hingga matahari bersinar, dan sesudah Asar hingga matahari
terbenam.” [HR. Bukhari]





















Menurut Riwayat bahwa Rasulullah tidak pernah meninggalkan Sholat Tahajud setiap malamnya, berdasarkan Hadist Riwayat Ahmad bahwa Aisyah Mengatakan “Rasulullah mengerjakan Sholat Malam setelah mengerjakan shalat isya hingga waktu fajar Menyingsing”. Menurut riwayat juga bahwa tidur Beliau sangat sedikit, waktu malam banyak dihabiskan untuk sholat tahajud.


Waktu sholat tahajud yang paling afdal memang tidak ada di uraikan dalam ayat maupun hadist secara khusus namun secara aturannya sholat tahajjud dilakukan bisa dilakukan setelah sholat Isya namun harus tidur dulu meskipun sebentar, dan waktunya hingga sebelum fajar tiba.
Waktu Sholat Tahajud yang paling baik bisa kita ambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa ” Pada tiap sepertiga malam terakhir Allah turun kelangit dunia lalu Ia Berfirman: “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.””.
“Setiap malam Allah turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang ia minta? Adakah hambaku- yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?.”
Hadits, riwayat Al Bukhari nomor 1145
dan Muslim nomor 758

Jika malam hari dibagi menjadi tiga maka sepertiga malam pertama dimulai dari waktu selesai Sholat Isya hingga pukul 11 malam, kemudian spertiga malam kedua mulai pukul 11 malam hingga pukul 2 pagi, dan sepertiga malam terakhir adalah pukul 2 hingga terbit fajar (atau menjelang subuh). Waktu tersebut berdasarkan waktu di Aceh dimana sholat Shubuhnya pukul 5.30 pagi, di wilayah tengah dan timur Indonesia mungkin bisa menyesuaikan.
QS. Al-Isra’ : 79
Jadi waktu shalat tahajud yang paling baik adalah mulai pukul 2 dini hari hingga menjelang shubuh, namun jika masih berat bangun jam 2 pagi maka usahakan bangun jam 4 pagi untuk shalat tahajud dan tidak usah tidur lagi, tinggal menunggu sholat shubuh dan segera beraktifitas.
Demikianlah Waktu Sholat Tahajud Yang Paling Baik, semoga bermanfaat.

3 Responses to "Wajib Baca! Agar Anda Dapat Mengetahui Waktu Sholat Tahajud Yang Paling Baik"

  1. Hadits sama kesimpulannya gak tepat. Tolong ditelaah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber: http://www.sholattahajud.com/
      Makasih Atas Comentnya :)

      Delete
    2. Mwnurut hadits2 yg dipaparkan di atas, waktu haram sholat adalah setelah sholat subuh sampai matahari bersinar.
      Patokan matahari bersinar, kebanyakan ulama mengatakan sampai matahari terbit penuh dan naik lagi sedikit, atau sekitar 10-15 menit setelah terbit.
      Jadi kalau matahari terbit jam 6, waktu yg haram sholat itu dari subuh sampai sekitar jam 6:10.
      Bukan seperti pada gambar yg menyatakan waktu haram sholat adalah dari jam 6 sampai jam 8.

      Tolong dicaritau reverensi lain, soalnya rata2 orang tidak membaca tulisan, melainkan melihat gambar, dan gambar yg anda tampilkan, tidak sesuai dengan pendapat para ulama.

      Delete